Hadits Arbain Ke 18 Kebaikan Dapat Menghapus Keburukan Riwayat Imam Tirmidzi

Hadits arbain ke 18 adalah hadits yang menjelaskan tentang sabda rasulullah yang mengajak umatnya untuk bertaqwa kepada Allah Swt ketika mereka berada dimanapun, dengan cara mengerjakan seluruh perintahnya dan menjauhi seluruh larangannya, kata yang singkat namun padat, ini adalah undang-undang yang telah Allah buat sebagai syarat untuk umat manusia jikalau mau memasuki surganya Allah, hanya terdapat beberapa kata saja bukan.

Akan tetapi dalam kata mengerjakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya itu didalamnya terdapat furuq (Cabang), jika dijelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkan oleh allah terbagi dan terbagi hingga menjadikan hukum yang sangat ketat dan sangat jelas, hukum kepada sesuatu yang telah dihalalkan dan diharamkan tidaklah sedikit, semuanya sudah di atur oleh Allah Swt.

Sebenarnya dalam hukum ini Allah memberitahukan kepada kita bahwa hal-hal yang telah diharamkan adalah sesuatu yang akan berdampak tidak baik jika kita lakukan, begitu pula sebaliknya terhadap hal yang sudah dihalalkan, dibolehkan, jika kita melakukannya tentu akan ada manfaatnya, dan segala ketentuan yang telah Allah perintahkan kepada umat manusia, jika kita melakukan semua itu dan menurutinya tentu kita akan mendapatkan balasan syurga yang telah Allah janjikan.

HADITS ARBAIN KE 18

LATINNYA:
AN ABII DZARRIJ JUNDUBIBNI JUNAADATA WAABII ABDIRROHMAANI MU’AADZIBNI JABALIR RODHIALLAAHU ANHUMAA ARROSUULILLAAHI SHALALAHU ALAIHI WASALAM QOOLAT TAQILLAAHA HAITSUMAA KUNGTA WA ATBI’IS SAYYIATAL HASANATA TAMHUHAA WAKHOOLIQINNAA SA BIKHULUQIN HASAN, ROWAAHUT TIRMIDZIYYU WAQOOLA HADIITSU HASANUW WAFIIBA’DHINNUSAKHI HASANUSH SHOHIIH.

ARTINYA:
Diriwayatkan dari abu dzalim jundub bin junadahdan abu abdirahman muadz bin jabal Radiallahu anhuma, dari Rasulullah Saw bersabda: bertaqwalah kepada Allah dimanapun kamu berada dan iringilah keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapusnya, dan pergaulilah manusia dengan budi perkerti yang baik. Yang meriwayatkan hadits di atas adalah imam tirmidzi dan dia berkata haditsnya hadits hasan dan dalam setengah cetakan yaitu hadits hasan shahih.

PENJELASAN:
Bertaqwalah kepada Allah dengan cara menjauhi segala larangannya dan mengerjakan segala perintahnya dimanapun kita berada, kita jangan berfikir jikalau kita berada di tempat yang jauh dan tidak ada seorangpun yang melihat lantas kita berbuat hal yang telah dilarang oleh agama islam, ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah maha melihat, maka janganlah sekali-kali kita berbuat hal yang seperti itu.

Iringilah keburukan dengan kebaikan, jika kita melakukan sebuah keburukan yang tidak disengaja maka iringilah dengan perbuatan baik yang dapat menghapusnya, karena sesungguhnya kebaikan itu dapat menhapus keburukan.

Pergaulilah manusia dengan budi pekerti yang baik, bergaul dengan sesama teman dan orang lain dengan sopan dan santun akan membawa kebaikan pula kepada diri kita, dan juga tak sedikit dengan bergaul dan mempunyai banyak teman yang baik kita akan dengan sangat mudah untuk mendapatkan informasi, contohnya dalam hal pekerjaan, kita akan mudah mendapatkan pekerjaan karena kita telah mendapatkan informasi dari teman bahwa disana ada lowongan kerja, sehingga kita dapat sukses dalam waktu yang sangat muda.

Nah teman-teman untuk penjelasan artikel hadits arbain ke 18 ini mungkin saya cukupkan sampai disini, mohon maaf jika ada salah kata, jangan lupa baca juga artikel sebelumnya tentang hadits arbain ke 17 yang membahas tentang berbuat baik dalam segala urusan, silahkan bagikan artikel ini jika menurut teman-teman hadits ini bermanfaat, jangan lupa subscribe juga blog ini untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru dari kami.

Facebook Comments

Leave a Reply