Hadits Arbain Ke 23 Bersuci, Shalat, Sedekah, Sabar Dan Al-Quran

Hadits arbain ke 23 memberitahukan sabda rasulullah tentang bersuci, shalat , sedekah, sabar, mengkaji, memahami dan menghafal Al-Quran, periwayat hadits ini tak lain adalah imam muslim dan kemudian hadits ini dirangkum oleh imam nawawi sebagai salah satu hadits shahih dalam kitab nya yang berjudul kitab arbain an nawawi, maka dari itu patutlah kita bersyukur dengan adanya mereka sehingga kita saat ini bisa mempelajari sabda-sabda rasulullah shalalahu alaihi wasalam.

Kalo dipikir lagi berapa lama jarak dari jamannya rasulullah ke jaman kita sekarang ini, sangat jauh sekali, mengingat bagai mana para imam ini membukukan hadits-hadits di saat tidak adanya teknologi canggih seperti sekarang ini, tapi mereka tetap melakukannya agar hadits-hadits ini bisa tersampaikan kepada kita melalui tulisan.

Kepada teman-teman jangan lupa baca juga artikel sebelumnya ya yang membahas tentang bagaimana jalan untuk masuk surganya allah di hadits arbain yang ke 22, nah berikut ini adalah hadits arbain ke 23, mari kita simak haditsnya bersama-sama dibawah ini.

HADITS ARBAIN KE 23

LATINNYA:
AN ABII MAALIKIL HAARITSIBNI ‘AASHIMIL ASY ‘ARIYYI RODHIALLAAHU ANHU QOOLA QOOLA ROSUULILLAAHI SHALALAHUALAIHI WASALAM: THOHUURU SYUTHRUL IIMAANI WALHAMDULILLAAHI TAMLA ULMIIZAANA WASUBHAANALLAAHU WAL HAMDULILLAAHI TAMLA NI AAUTAM LAUMAA BAINAS SAMAA I WAL ARDHI WASH SHOLATUNUURUN WASH SHODAQOTUBURHAANUW WASH SHOBRU DHIYAA UW WALQUR ANU HUJJAITUL LAKA AW ‘ALAIKA KULLUNNAASI YAGHDUW FABAA I ‘UN NAFSAHU FAMU’TIQUHAA AW MUUBIQUHAA ROWAAHU MUSLIM.

ARTINYA:
Diriwayatkan dari abu malik haris bin asim al as’ari Radhialaahu anhu dia berkata rasulullah Shalalahu Alaihi Wasalam dia bersabda: bersuci itu sebagian dari iman dan lafadz Alhamdulillah itu akan memenuhi timbangan, dan lafadz subhananllaah beserta Alhamdulillah itu akan memenuhi antar langit dan bumi, shalat itu adalah cahaya, dan shodakoh itu adalah bukti, dan sabar itu adalah terang, dan Quran dapat menjadi saksi yang akan meringankanmu atau yang akan memberatkanmu semua manusia berangkat menjual dirinya maka ada yang membebaskan dirinya (dari kehinaan dan siksaan), atau ada juga yang menghancurkan dirinya. Yang meriwayatkan hadits di atas adalah imam muslim.

PENJELASAN:
Bersuci itu sebagian dari iman, ada banyak sekali tentang definisi bersuci ini, bisa bersuci dengan cara berwudhu atau menyucikan diri dengan cara menjauhi seluruh larangan Allah, menjauhi hal-hal perbuatan dosa, maksiat dan yang lainnya yang menyebabkan kotornya diri karena melakukan hal-hal tersebut.

Lafadz alhamdulillah itu akan memenuhi timbangan, disaat kita dihisab dari amal perbuatan kita di yaumil akhir nanti, insya allah jika orang yang suka membaca bacaan Alhamdulilah timbangan amalnya akan diberatkan oleh lafadz alhamdulillah ini, maka sering-seringlah membacanya, disaat kita selesai melakukan sesuatu, baca Allahmdulillah, selesai makan, baca Alhamdulillah, selesai minum baca Alhamdulillah, bersyukur karena telah mencapai pencapaian yang di inginkan baca ALhamdulillah.

Lafadz subhanallah beserta Alhamdulillah akan memenuhi langit dan bumi, sering-seringlah membaca kedua kalimat tersebut, bertasbih dan bertahmid memang sudah seharusnya kita lakukan sebagai makhluk ciptaan Allah Swt.

Shalat itu adalah cahaya, melaksanakan shalat sebagai mana mestinya, jangan biarkan hati dan fikiran dipenuhi dengan kegelapan, terangilah hati dan fikiran kalian oleh cahaya, dengan melakukan shalat maka fikiran dan hati kalian akan diterangi oleh cahaya, begitupula dengan fisik tubuh kita terutama wajah akan penuh dengan cahaya, dan cahaya inipula yang akan menyinari kita di akhirat nanti.

Sedekah itu adalah bukti dari keimanannya seseorang, tidak peduli dia orang kaya atau orang miskin, menyedekahkan sebagaian harta kita untuk membantu orang yang lebih membutuhkan sudah semestinya kita lakukan..

Sabar itu adalah terang, Allah bersama dengan orang yang sabar, maka sejatinya kita harus menerapkan sifat sabar dalam diri kita, dalam hal apapun itu, selalu sabarlah dalam menghadapinya, maka disaat kita selalu bersabar, jalan terang akan menerangi kita disaat kita sedang kesulitan.

Al-Quran bisa menjadi saksi yang akan meringankan kita di akhirat nanti, namun bsa juga al-quran ini akan memberatkanmu di akhirat nanti, Al-Quran akan meringankan kita jika kita mengkaji, memahami dan merenungkan Al-Quran, membenarkan Al-Quran, Menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, namun apabila kita bertolak belakang dengan perkara di atas maka Al-Quran akan menuntut kita di hari kiamah nanti, Naudzubillahimindzalik

Kepada teman-teman mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan dalam penjelasan hadits arbain ke 23 ini, silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat, janganlupa subscribe juga blog ini, kolom subcribe ada di bawah artikel ini, sampai jumpa di artikel selanjutya.

Facebook Comments

Leave a Reply