Hukum Tajwid Surat Az-Zumar Ayat 39 Penjelasan Lengkap Per kata

Selamat datang di blog kajia muslim, blog yang membahas seputar agama islam dimulai dari doa-doa, ilmu fiqh, tajwid dan yang lainnya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar hukum tajwid yang ada pada surat az-zumar ayat 39, dalam pembahasan hukum tajwid pada surat az zumar ayat 39 ini kami sudah mentafsirkan hukum tajwidnya dan terdapat 10 hukum tajwid yang harus teman-teman semua fahami dalam membacanya, surat az-zumar ini adalah surat ke 39 dalam al-quran dan terdapat pada juz ke 24.

Pada setiap artikel kami selalu memberitahukan kepada teman-teman pembaca bahwa pentingnya belajar hukum tajwid dalam membaca al-quran, karena hukum belajar tajwid bagi para pembaca al-quran itu hukumnya adalah fardu ain (wajib), maka dari itu hukum tajwid ini adalah salah satu dari banyaknya ilmu yang harus teman-teman kuasai, bukan hanya hukum tajwid saja tentunya, namun pentingnya juga belajar makhraj penyebutan huruf hijaiyahnya juga harus teman-teman kuasai.

Dengan menguasai hukum tajwid dan penyebutan makhraj yang benar ini insya allah pada saat teman-teman membaca al-quran pelafalannya akan fasih, untuk selebihnya tinggal membiasakan diri dengan membaca al-quran agar semakin lancar saat membaca ayt al-quran.

ARTINYA:
KATAKANLAH (MUHAMMAD), “wAHAI KAUMKU! bERBUATLAH MENURUT KEDUDUKANMU, AKUPUN BERBUAT (DEMIKIAN). KELAK KAU AKAN MENGETAHUI,
HUKUM TAJWID SURAT AZ_ZUMAR AYAT 39

  1. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu huruf ya mati bertemu dengan alif yang dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.
  2. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.
  3. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu huruf lam mati bertemu dengan alif yang dibuang, baris vertikal diatas itu menunjukan adanya alif yang dibuang, cara membacanya dibaca panjang 2 harakat.
  4. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.
  5. Dibaca idzhar
    Yaitu huruf mim mati bertemu dengan huruf hamzah, cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.
  6. Idgham ma’al ghunah / idgham wajib ghunah / ghunah musadad
    Yaitu nun bertasydid cara bacanya ditahan serta dengung.
  7. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu ya mati sebelumnya ada huruf yang berbaris kasrah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.
  8. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.
  9. Tanda waqaf
    Waqaf jaiz, artinya boleh waqaf boleh washal (boleh berhenti boleh lanjut).
  10. Mad aridisukun
    Yaitu mad thabi’i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

Nah teman-teman itulah hukum tajwid yang ada pada surat az zumar ayat 39, dan pembahasan hukum tajwid disini saya cukupkan, mohon maaf jika ada kata yang salah, oh ia jangan lupa pelajari juga hukum tajwid yang lainnya ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Facebook Comments

Leave a Reply