Hukum Tajwid Surat Al-Baqarah Ayat 147 Dan Alasannya

Assalamu alaikum teman-teman pengunjung blog kajian muslim (blog yang membuat artikel seputar pembelajaran umat islam), semoga teman-teman selalu sehat wal afiat, dan selalu ada dalam rahmat allah subhanahuwata’ala, nah pada kesepatan kali ini kami akan membahas tentang hukum tajwid surat al-baqarah ayat 147, dalam penafsihan kami hukum tajwid yang ada pada surat al baqarah ayat 147 ini ada 9 hukum tajwid yang mesti teman-teman fahami, untuk yang baru belajar sangat cocok untuk belajar tajwid pada ayat-ayat pendek terlebih dahulu seperti surat al baqarah ayat 147 ini agar tidak terlalu membingungkan dan pusing.

Oh ia, untuk yang baru belajar disarankan untuk belajar makhraj nya juga (pelafalan huruf, cara menyebut huruf-huruf hijaiyah) agar ayat yang teman-teman baca nantinya mengenai makhrajnya, sehingga dapat terdengar sangat fasih, Nah berikut ini adalah hukum tajwid pada surat al-baqarah ayat 147.

ARTINYA:

KEBENARAN ITU DARI TUHANMU, MAKA JANGANLAH SEKALI-KALI ENGKAU (MUHAMMAD) TERMASUK ORANG-ORANG YANG RAGU.


HUKUM TAJWID SURAT AL-BAQARAH AYAT 147
  1. Alif elam qomariyyah
    Yaitu alif elam bertemu dengan huruf ha (huruf Qomariyyah), cara membacanya elam mati dibaca jelas.
  2. Idgham bilaghunah / idgham bighoiri ghunah
    Yaitu nun mati bertemu dengan huruf ro, cara membacanya suara nun mati dimasukan ke huruf ro serta tidak memakai dengung.
  3. Tafhim
    Yaitu huruf ra barisnya fatah, cara membacanya huruf ro dibaca tebal.
  4. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fatah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.
  5. Mad thabi’i (mad asli)
    Yaitu wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat
  6. Idgham ma’al ghunah / idgham wajib ghunah / ghunah musadad
    Yaitu nun bertasydid cara bacanya ditahan serta dengung.
  7. Alif elam qomariyyah
    Yaitu alif elam bertemu dengan huruf mim (huruf Qomariyyah), cara membacanya elam mati dibaca jelas.
  8. Dibaca idzhar
    Yaitu huruf mim mati bertemu dengan huruf ta, cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.
  9. Mad aridisukun
    Yaitu mad thabi’i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjangnya 2 sampai 6 harkat.

Nah dibawah ini ada sedikit tambahan materi yang menjelaskan secara rinci hukum tajwid ali lam, agar teman-teman semakin faham tentang hukum alif lam ini.

PENJELASAN:
  1. Alif elam syamsiyyah
    Mengapa disebut alif elam syamsiah? Karena alif elam syamsiyyah itu artinya matahari, sebab alif elam dibacanya tidak jelas malah menghilang, yang terdengar hanya huruf syamsiyyahnya saja yang ada didepannya, itu tidak ada bedanya seperti kita melihat matahari, bentuk matahari tidak jelas kelihatannya, yang kelihatan hanya cahayanya saja karena silau, berikut ini adalah huruf dari alif elam syamsiyyah:
  2. Alif elam qomariyyah
    Kenapa disebut alif elam komariyyah? Karena qomariyyah artinya bulan, dibacanya alif elam itu jelas suara “L” seperti kita melihat bulan, bentuknya bulan terlihat jelas.

Nah teman-teman itulah hukum tajwid yang ada pada surat al-baqarah ayat 147, semoga artikel ini dapat membimbing teman-teman yang sedang belajar, dan semoga juga cara penyampaian kami kepada teman-teman lewat artikel ini dapat dengan mudah difahami, jangan lupa bagikan juga artikel ini kepada teman-teman yang lainnya ya agar mereka juga tahu dan belajar, mungkin artikel ini saya cukupkan sampai disini, akhir kata saya ucapkan wasalam.

Facebook Comments

Leave a Reply