Hadits Arbain Ke 21 Beriman Kepada Allah Dan Ber IstiQomahlah

Hadits arbain ke 21 menjelaskan tentang sabda rasulullah ketika ada seseorang yang bertanya kepada beliau tentang sesuatu yang tidak orang yang bertanya itu tanyakan selain kepada rasulullah, untuk pembahasan hadits kali ini tidaklah terlalu panjang, haditsnya sedikit tetapi mempunyai makna yang sangat besar.

Nah yang meriwayatkan hadits ini adalah imam muslim, perlu diketahui seluruh hadits yang ada di pembahasan hadits arbain ini adalah hadits-hadits yang shahih yang telah imam nawawi rangkum dalam kitab arbain ini, semoga dengan adanya hadits-hadits ini kita dapat mempraktekan semua isi kandungan yang ada didalamnya, dan bila perlu menghafalnya, karena ada juga hadits yang mengatakan jika ada orang yang menghafal 40 hadits maka dia ketika mati nanti akan digolongkan dengan golongan para ulama, ahli Fiqh.

Dan juga karena hadits arbain ini adalah hadits shahih, jika teman-teman mau menghafal ke 40 hadits yang sudah rasulullah sabdakan, mungkin ke 40 hadits arbain ini adalah hadits yang paling tepat untuk dihafal, selain shahih juga haditsnya tidak terlalu panjang, memang ada juga sih yang panjang, tapi dibandingkan dengan hadits yang lain hadits ini adalah hadits yang paling cocok.

Kepada teman-teman jika berkenan silahkan baca artikel hadits arbain yang lainnya ya, insya allah akan menambah wawasan kepada orang-orang yang membacanya.

HADITS ARBAIN KE 21
LATINNYA:
AN ABII AMRIN WAQIILA ABII AMROTA SUFYAANAB NI ABDILLAAHI RODHIALLAAHU ANHU QOOLA QULTU YAAROSUULALLAAHI QUL LII FIL ISLAAMI QOWLAN LA AS ALU ANHU AHADAN GHOIROKA. QOOLA QUL MANGTU BILLAAHI SUMMAS TAQIM

ARTINYA:
Diriwayatkan dari abu amr ada juga yang mengatakan abu amrah supyan bin abdullah radiallahu anhu dia berkata: wahai rasulullah ajari aku tentang islam suatu ucapan yang tidak saya tanyakan kepada seorangpun selainmu yarasulullah. beliau bersabda: katakanlah aku beriman kepada Allah kemudian berpegang teguhlah dirimu (istiqomah). Yang meriwayatkan hadits di atas yaitu imam muslim.

PENJELASAN:
Katakanlah aku beriman kepada Allah, beriman kepada Allah adalah hal yang harus pertama kali dilakukan dari keta’atan-keta’atan yang lainnya, dengan beriman kepada Allah maka tidak akan ada ke khawatiran baginya.

Berpegang teguh (IstiQomah), Dalam islam istiqomah adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan, hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu yang ilmu agamaya sudah hebat, makanya ganjaran yang diberikan pada orang yang bisa istiqomah itu sangat besar, jika seseorang melanggar sedikit saja apa-apa yang sudah ditetapkan maka dia tidaklah istiqomah, seperti contohnya: menunda-nunda shalat sampai akhir waktu, dan melanggar atau bahkan tidak melakukan sesuatu yang telah diperintahkan, maka dia tidak istiqomah.

Nah bagai mana dengan diri kita? apakan dirikita sudah istiqomah? jika sudah maka patutlah bersyukur kepada Allah, jika belum maka berusahalah sebaik mungkin.

CARA AGAR BISA ISTIQOMAH
Berkumpul lah dengan orang-orang yang sholeh, disana diri kalian akan dipacu untuk bersaing dalah hal positif, berlomba-lomba mencari kebaikan, hindari orang-orang yang akan membawa keburukan bagi kita.

Hadirilah pengajian-pengajian yang ada, sesungguhnya itu adalah sumber ilmu yang akan kalian dapatkan dari para ulama-ulama untuk memperkokoh islam dalam diri kita sehingga kita bisa beristiqomah.

Berdoa kepada Allah agar kita bisa istiqomah dalam beribadah, dalam hal apapun yang bersangkutan dengan islam, sehingga kita bisa melakukan keta’atan keta’atan yang telah ditetapkan.

Nah mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan dalam hadits arbain ke 21 ini, semoga dapat dipelajari dengan baik oleh teman-teman, silahkan bagikan artikel ini kepada teman, kerabat, keluarga dan yang lainnya jika menurut teman-teman artikel tentang pembahasan hadits arbain ini bermanfaat, jangan lupa subscribe juga blog ini untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru dari kami.

Facebook Comments

Leave a Reply