Doa Sebelum Ulangan Dan Ujian Nasional (UNBK) Agar Lulus

Assalamu’alaikum sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang doa ketika akan mengikuti sebuah test, mengikuti ujian nasional, ulangan, seleksi, unbk dan sebagainya agar lulus dan dilancarkan oleh allah swt.

Pada pembelajaran sekolah sekarang ini ujian yang diselenggarakan oleh pihak kemendikbud sangatlah ketat sekali dan soal yang dibuatpun terbilang cukup sulit bagi yang kurang belajar, dan tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat ujian, rasa gugup, canggung, tegang berkecimpung dalam benak dan pikiran yang membuat pemikiran kita menjadi tidak rasional alias blank karena demam panggung yang sesaat dirasakan ini, sehingga terkadang membuat kita kesal dan prustasi.

Bagai mana tidak, materi-materi yang telah dipelajari pada saat malam hari sebelum tidur sebagai senjata yang sudah dipersiapkan dengan matang untuk menghadapi ujian, test, ulangan, unbk, menjadi hilang dalam sekejap karena adanya tekanan yang tidak di inginkan, tentu ini menjadi masalah untuk kita bukan.

Nah untuk mengatasi permasalahan ini maka diperlukannya ikhtiar dan doa, jika ikhtiarnya sudah dilakukan seperti contohnya belajar pada malam hari sebelum tidur, maka janganlah teman-teman melupakan doa, karena doa adalah pelancar bagi ikhtiar yang sedang kita lakukan untuk mencapai sesuatu dengan meminta pertolongan kepada allah agar apa yang kita lakukan nantinya dapat tercapai dengan lancar dan maximal, berikut ini adalah doa-doa untuk menghadapai ujian nasional, test, ulangan, unkb dan sebagainya, mari disimak dengan baik.

Pertama kita akan memulai dengan doa sebelum belajar terlebih dahulu agar materi yang dipelajari benar-benar meresap ke dalam pikiran dan dapat di ingat dengan baik, berikut adalah doa mau belajar lengkap dengan artinya:

DOA MAU BELAJAR

ARTINYA: YA TUHANKU TAMBAHKANLAH AKU ILMU DAN BERIKANLAH AKU RIZQI TENTANG KEFAHAMAN (MEMAHAMI ILMU).
Sesudah itu jika proses pembelajarannya sudah selesai maka jangan lupa untuk menutupnya dengan doa, agar apa yang kita pelajari dapat kita fahami, berikut ini adalah doa sesudah belajar lengkap dengan artinya:

DOA SESUDAH BELAJAR

ARTINYA:
YA ALLAH KELUARKANLAH KAMI DARI KEGELAPAN PRASANGKA DAN MULIAKANLAH KAMI DENGAN CAHAYA KEFAHAMAN DAN BUKAKANLAH PENGERTIAN ILMU KEPADA KAMI WAHAI DZAT YANG MAHA PENYAYANG.

Nah teman-teman setelah itu ketika kita akan menghadapi ujian nasional, tes, Ulangan, unbk maupun yang lainnya, maka bacalah doa ini agar rasa tengang yang ada dalam diri kita mereda, dan supaya urusan yang kita hadapai seperti ujian nasional ini dapat dipermudah oleh allah swt.

DOA MAU UJIAN (DOA NABI MUSA)

ARTINYA:
YA TUHANKU LAPANGKANLAH UNTUKKU DADAKU, DAN MUDAHKANLAH UNTUK URUSANKU, DAN LEPASKANLAH KEKAKUAN DARI LIDAHKU SUPAYA MEREKA MENGERTI PERKATAANKU, (Surat Thaha ayat 25-28)

Nah setelah kita memasuki jam ujian, maka bacalah doa ketika sedang mengikuti ujian ini, agar apa yang telah kita pelajari dapat terbuka kefahamannua, dan agar sesuatu yang kita lupa dapat teringat kembali dengan meminta pertolongan kepada allah swt, berikut dibawah ini adalah doanya, yang pertama baca surat alamnasrah dan yang kedua baca doa nya:

BACA SURAT ALAM NASRAH

ARTINYA:
1. BUKANKAH KAMI TELAH MELAPANGKAN DADAMU (MUHAMMAD)?
2. DAN KAMIPUN TELAH MENURUNKAN BEBAN DARIMU,
3. YANG MEMBERATKAN PUNGGUNGMU,
4. DANKAMI TINGGIKAN SEBUTAN (NAMA)MU BAGIMU.
5. MAKA SESUNGGUHNYA BERSAMA KESULITAN ADA KEMUDAHAN.
6. SESUNGGUHNYA BERSAMA KESULITAN ADA KEMUDAHAN.
7. MAKA APABILA ENGKAU TELAH SELESAI (DARI SESUATUURUSAN), TETAPLAH BEKERJA KERAS (UNTUK URUSAN YANG LAIN),
8. DAN HANYA KEPADA TUHANMULAH ENGKAU BERHARAP.

DOA SEDANG UJIAN 1

ARTINYA:YA ALLAH INGATKANLAH KAMI DARI SESUATU YANG KAMI LUPA DAN BERIKANLAH KAMI ILMU PENGETAHUAN DARI SESUATU YANG KAMI TIDAK TAHU.

DOA SEDANG UJIAN 2

ARTINYA:
YA ALLAH BERIKANLAH KAMI RIZQI PAHAMNNYA PARA NABI DAN HAFALANNYA PARA RASUL DAN KECEPATAN ILHAMNYA MALAIKAT MUQOROBIN.

Nah dengan membaca doa-doa di atas semoga kita dilancarkan dalam mengikuti ujian nasional, test, ulangan, unbk dan yang lainnya, dan semoga materi doa-doa ini dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya, untuk mempermudah sebaiknya doa-doa ini duhafal agar ketika ujian tidak banyak membuang waktu, kalau teman-teman hafal tentunya akan sangat mudah.

Perlu diketahui, berdoa adalah sesuatu yang telah allah perintahkan dan dalilnya di abadikan dalam QS. Al-Quran, maka dari itu berdoalah kepada allah, insya allah doa kita akan dikabulkan, berikut ini adallah dalil dari perintah allah kepada manusia untuk berdoa:

DALIL DOA SURAT AL-MU’MIN AYAT 60

ARTINYA:
DAN MEREKA YANG MEMBERIKAN APA YANG MEREKA BERIKAN (SEDEKAH) DENGAN HATI PENUH RASA TAKUT (KARENA MEREKA TAHU) BAHWA SESUNGGUHNYA MEREKA AKAN KEMBALI KEPADA TUHANNYA,

DALIL DOA SURAT AL-BAQARAH AYAT 186

ARTINYA:
DAN APABILA HAMBA-HAMBA-KU BERTANYA KEPADAMU (MUHAMMAD) TENTANG AKU, MAKA SESUNGGUHNYA AKU DEKAT. AKU KABULKAN PERMOHONAN ORANG YANG BERDOA APABILA DIA BERDOA KEPADAKU. HENDAKLAH MEREKA ITU MEMENUHI (PERINTAH)KU DAN BERIMAN KEPADAKU, AGAR MEREKA MEMPEROLEH KEBENARAN.

Nah itulah dalil-dalil yang menerangkan agar kita berdoa kepada allah dan allah akan mengabulkannya, tentu saja dengan tekad dan keyakinan yang kuat, maka yakinlah bahwa allah akan mengabulkan doa-doa kita.

Untuk artikel kali ini kami sudahi sampai disini pembahsannya, semoga dapat bermanfaat buat teman-teman semuanya ya, dan semoga proses ulangan, ujian, unbk teman-teman dapat berjalan dengan lancar, akhir kata kami ucapkan wasalam.

Facebook Comments

Leave a Reply