Hukum Tajwid Surat Al-Hujurat Ayat 10 Beserta Penjelasannya Lengkap

Assalamu alaikum teman-teman, artikel kali ini kami akan membahas hukum tajwid pada surat al hujurat ayat 10 yang mana ayat ini adalah ayat ke limapulu sembilan dalam al-quran , belajar hukum tajwid untuk membaca al-quran adalah hal yang mesti kita kuasai karena dengan kita menguasai hukum tajwid ketika kita membaca al-quran, itu akan memperjelas bacaan kita (Fasih), terlebih lagi belajar hukum tajwid hukumnya adalah fardu ain artinya wajib dilakukan oleh seluruh umat islam yang membaca al-quran.

Dalam artikel ini kami sudah menafsirkan hukum tajwid pada surat al hujurat ayat 10 ini bersama guru kami agar hasil penafsirannya semakin tepat sesuai dengan yang ada pada kitab tajwid, jumlah dari hukum tajwid yang ada didalam ayat ini kurang lebih ada 9 hukum yang mesti kita fahami, mungkin bagi teman-teman yang sedang belajar hukum tajwid ini akan sangat sulit sekali, saran kami cobalah belajar pelan-pelan dengan mengingat hukum tajwid satu persatu.

Untuk mempersingkat pembahasan langsung saja kita pelajari bersama hukum tajwid dari surat al hujurat ayat 10 ini, yang dimulai dari ayat arab, arti, dan hukum tajwidnya.

ARTINYA:
SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG MUKMIN ITU BERSAUDARA, KARENA ITU DAMAIKANLAH KEDUA SAUDARAMU (YANG BERSELISIH) DAN BERTAQWALAH KEPADA ALLAH AGAR KAMU MENDAPAT RAHMAT.

HUKUM TAJWID SURAT YUNUS AYAT 10

  1. Idgham ma’al ghunah atau disebut idgham wajib ghunah / gunah musyadad
    Yaitu nun bertasdid, cara bacanya ditahan serta dengung ke hidung.
  2. Alif elam qomariyyah
    Yaitu alif elam bertemu dengan huruf mim (huruf qomariyyah),cara bacanya lam mati dibaca jelas.
  3. Mad thabi’i
    Yaitu Wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, dibaca panjangnya 2 harakat.
  4. Ikhfa ausath (Artinya ikhfa pertengahan)
    Yaitu tanwin bertemu dengan huruf fa, cara bacanya dengan dengung condong ke huruf “M”.
  5. Mad thabi’i
    Yaitu Wau mati sebelumnya ada huruf yang berbaris dhamah, dibaca panjangnya 2 harakat.
  6. Idzhar safawy
    Yaitu mim mati bertemu dengan huruf wau (huruf idzhar safawy yaitu huruf wau atau fa), cara bacanya mim mati dibaca dengan jelas.
  7. Tafhim
    Yaitu sebelum lam nya lafadz allah (lam jalalah) ada huruf yang berbaris dhamah, dibacanya lafaz allah tebal serta panjangnya 2 harakat.
  8. Dibaca idzhar
    Yaitu mim mati bertemu dengan huruf ta, cara bacanya mim mati dibaca dengan jelas.
  9. Mad aridisukun
    Yaitu mad thabi’i berhadapan dengan satu huruf yang hidup yang berada di akhir kalimat, huruf yang di akhir kalimat itu mati jika di waqafkan, cara bacanya panjang 2 sampai 6 harkat.

Nah itulah hukum tajwid yang ada pada surat yunus ayat 10 lengkap dengan penjelasannya, berikut ini ada sedikit tambahan hukum tentang alif elam agar pembahasan ini semakin jelas dan dapat dengan mudah teman-teman fahami.

PENJELASAN:

  1. Alif elam qomariah
    Kenapa disebut alif elam qomariyyah? Karena komariyah artinya bulan, dibacanya alif elam itu jelas suara “L” seperti kita melihat bulan, bentuknya bulan terlihat jelas.

Nah untuk penjelasan hukum tajwid surat yunus ayat 10 ini kami cukupkan, semoga teman-teman dapat dengan mudah mempelajari hukum tajwid ini ya, namun jika teman-teman masih menemui kesulitan atau ingin bertanya silahkan kirimkan pesan melalui kontak email yang sudah tersedia di menu contak, pertanyaaan teman-teman akan kami jawab secepatnya, bagikan juga artikel ini kepada yang lainnya ya yang sedang belajar hukum tajwid juga dan mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan dari kami, akhir kata saya ucapkan wasalam.

Facebook Comments

Leave a Reply